Header Ads

YCT Newsline
recent

Pantai Pulau Merah, Jangan Lupa Mampir Saat Travelling Ke Banyuwangi

Yuk Cinta Travelling - Sobat YCT pasti pernah kan travelling ke Bali via jalur darat ? dan tentu pasti melewati kota yang namanya Banyuwangi kan? Dan nggak ada salahnya sobat cinta travelling untuk mampir di Banyuwangi. Yuk kita bahas seputar travelling ke pantai pulau merah Banyuwangi.

Banyuwangi merupakan salah satu kota di Jawa Timur yang terkenal dengan keindahan alamnya, mulai dari perbukitan, taman nasional, hingga pantai - pantai indah. Kalau dihitung - hitung ada puluhan pntai yang mengelilingi Banyuwangi, dan salah satu pantai yang terkenal di Banyuwangi adalah pantai pulau merah.

Foto dengan icon pantai pulau merah banyuwangi
Foto dengan background icon bukit di pantai merah by dokumentasi pribadi
Fyi, pantai pulau merah terletak di ujung selatan Kabupaten Banyuwangi, tepatnya di Desa Sumber Agung, Kecamatan Pesanggaran. Pantai pulau merah merupakan bagian dari pantai selatan dan masih satu rangkaian dengan pantai teluk ijo, pantai sukamade, dan juga pantai pancer. Jarak tempuh dari Banyuwangi kota ke lokasi pantai pulau merah ini adalah 60 km, atau kurang lebih memakan waktu perjalanan 3 jam.

Di sekitar pantai pulau merah terdapat sebuah bukit kecil yang memiliki tinggi sekitar 200 m dan memiliki karakter susunan tanah yang berwarna merah. Nah atas dasar itulah pantai yang terletak di bagian selatan Banyuwangi ini dinamai Pantai Pulau Merah. Sebagai informasi, bukit tadi dapat dikunjungi ketika air laut sedang surut dan ketika air laut pasang bukit ini akan menjadi sebuah pulau yang terpisahkan oleh air laut dari Pantai.

Baca Juga : Tips Travelling ke Karimunjawa

Selain digunakan sebagai obyek wisata bagi para pecinta travelling, pantai pulau merah juga digunakan sebagai tempat upacara keagamaan bagi umat hindu. Terdapat sebuah pura yang sering digunakan untuk upacara mekiyis.

Harga Tiket Masuk Pantai Pulau Merah

Karcis masuk kawasan wisata pantai pulau merah
Karcis masuk ke kawasan wisata pantai pulau merah Banyuwangi by berduakelilingindonesia.com
Sekarang mimin mau ngomongin masalah duwit. Jadi, kalau sobat cinta travelling mau ke pantai pulau merah ini nggak usah khawatir untuk bayar mahal. Harga tiket masuk kawasan wisata pantai pulai merah Rp 8.000 per orang. Parkir mobil Rp 5.000 sedangkan untuk parkir motor Rp 2.000. Murah kan ? Malah pas waktu mimin ke sana dulu nggak ada bayar tiket masuk kawasan pantai merah tuh, cuma bayar pakir kendaraan doang.

Penginapan di Pantai Pulau Merah

Nah buat sobat cinta travelling yang ingin nginap di sekitar kawasan pantai pulau merah, sewa aja homestay yang banyak disediakan oleh warga sekitar. Rata-rata homestay di Pantai pulau merah ini memiliki tarif sekitar Rp 100.000 per malamnya. Gimana, murahkan ? Nggak bakalan miskin dah :)

List penginapan di kawasan pulau merah Banyuwangi
List penginapan di kawasan pantai pulau merah Banyuwangi by traveloka.com
Untuk fasilitas homestay tentu akan menyesuaikan dengan harga sewa nya ya. Tapi, kalau satu homestay menawarkan harga sewa yang mahal coba saja untuk menawarnya atau minta fasilitas tambabah dan jangan sungkan untuk pergi cari homestay yang lain atau bisa coba menggunakan apk traveloka. Bonus nih jika sobat cinta travelling nginep di sana, selain dapat menikmati sunset, kalian juga akan bertemu dengan banyak sekali bule yang menginap di area homestay, siapa tau jodoh hahahaha.

Foto bareng bule
Foto bareng bule jomblo di pantai pulau merah by dokumentasi pribadi
Rute menuju Pantai Pulau Merah

Transportasi Umum
Apabila ingin travelling ke pantai pulau merah dengan menggunakan transportasi umum, berikut merupakan tahapannya :
  • Menuju terminal Jajag, Banyuwangi.
  • Dari terminal Jajag, lanjut naik bus mini menuju ke terminal Pesanggaran yang berada di kecamatan Pesanggaran
  • Setibanya di terminal Pesanggaran, naik saja ojek langsung menuju kawasan Pantai Pulau Merah.
Kendaraan Pribadi
Apabila ingin travelling ke pantai pulau merah dengan kendaraan pribadi, ada 2 alternatif rute yang mimin tau. Jika kalian berangkat dari arah Barat Banyuwangi, sobat cinta travelling dapat menggunakan pilihan rute berikut :

Kec. Genteng => Kec. Pesanggaran => Pantai Pulau Merah


Jika kalian berangkat dari arah Timur Banyuwangi atau berangkat dari Situbondo, sobat cinta travelling dapat menggunakan pilihan rute berikut :

Kec. Jajag => Kec. Pesanggaran => Pantai Pulau Merah


Lokasi rute menuju lokasi kawasan wisata pantai pulau merah bisa mengikuti arahan pada apk google map.

Kuliner di Pantai Pulau Merah
Kuliner khas pantai pulau merah
Kuliner risoles khas pulau merah by merdeka.com
Satu hal yang nggak boleh dilupakan saat travelling ke suatu tempat adalah kuliner. Saat travelling ke pantai pulau merah ada beberapa makanan yang wajib sobat YCT coba. Ada rujak soto, rujak bakso, rawon, dan sajian khas lainnya seperti risoles yang sangat terkenal saat kalian masuk ke lokasi kawasan wisata pulau merah. 
Oke, sekian ya sharing dari mimin. Jangan lupa mampir ke pantai pulau merah saat travelling ke Banyuwangi :)

No comments:

Powered by Blogger.