Header Ads

YCT Newsline
recent

Travelling Ke Banyuwangi, Jangan Lewatkan Pesona Teluk Hijau (Green Bay)

Yuk Cinta Travelling - Holllaaa, kembali lagi disini mimin YCT bakalan sharing betapa mempesonanya salah satu pantai di Banyuwangi. Mungkin Banyuwangi hanya digunakan untuk lalu lalang saat kalian travelling ke Bali via darat. Asala kalian tahu, Banyuwangi menyimpan banyak pesona wisata yang ajib - ajib loooo....Dan salah satunnya adalah pantai teluk hijau.

Pantau teluk hijau banyuwangi yang menawan
Teluk hijau (green bay) pantai menawan bag perawan di Banyuwangi
Pantai yang lebih popoler dengan istilah Green Bay ini masih dalam kawasan area Taman Nasional Meru Betiri. Green Bay secara administratif berada di Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Untuk menuju ke Green Bay kalian setidaknya membutuhkan waktu sekitar 3 - 4 jam jika menempuh perjalanan darat dari pusat kota Banyuwangi. Tak hanya via jalur darat, pesona pantai dengan air biru kehijau - hijauan serta pasir yang putih bersih ini bisa juga melalui jalur laut. Tentu biayanya sedikit lebih mahal, pasalnya harus sewa perahu dulu. Akses terdekat bisa naik perahu dari pantai rajegwesi.

Foto dengan background pasir putih yang lembut dan indah
Foto dengan background pasir pantai yang lembut dan indah

Buat kalian yang hobi renang, jangan khawatir kalian bisa puas - puasin hobi kalian. Pantai teluk hijau ini relatif aman kok, tapi tetap ya harus waspada, takut ada duyung narik dari bawah :)

Sejarah Pantai Teluk Hijau (Green Bay)

Koordinat green bay beach Banyuwangi
Spot foto wajib di koordinat pantai teluk hijau (green bay beach)

Berdasarkan informasi dari warga sekitar, pada dahulu kala para nelayanan desa Rajagwesi sedang berlayar untuk mencari ikan. Mereka kaget, loh kok ada air laut berwarna kehijau - hijaun, sementara yang mereka tahu warna air laut kebiru - buran. Akhirnya para nelayan menepikan perahu ikan mereka untuk memastikan lokasi pantai yang berair kehijau - hijauan tersebut. Setelah sampai ke bibir pantai para nelayan terpesona tan terperanga karena pantainya sangat indah dan berpasir putih, sementara pantai - pantai disekelilingnya didominasi dengan karang bebatuan. Alhasil setelah pulang ke desa, para nelayan tersebut melakukan urun rembug dengan warga lainnya. Dan hasilnya para warga setempat sepakat untuk menjadikan pantai temuan tersebut sebagai kawasan wisata dengan nama teluk hijau (Green Bay). Cukup menarik ya sejarah nama pantai teluk hijaunya, mungkin cerita mimin sedikit lebay hahahaha :)

Baca Juga : Travelling Murah ke Bali ? Naik Kereta Aja

Rute Munuju Pantai Teluk Hijau (Green Bay) Banyuwangi

Pantai rajegwesi, sebagai spot parkir dan sewa perahu ke pantai teluk hijau


Untuk kalian para traveller dari luar kota, ada 4 alternatif untuk travelling ke pantai teluk hijau ini. Simak ya :)

1. Pesawat terbang
Setibanya di bandara Banyuwangi, bisa sewa mobil dan langsung kalian arahkan maps ke lokasi yang sudah saya kasih koordinatnya di atas. Sederhananya perjalanan kalian nanti akan melewati Jajag -  Bangorejo - Siliragung - Pesanggaran - Kandangan - Pantai Rajegwesi.

2. Bus antar kota
Buat kalian yang datang dari luar kota menggunakan bus, bilang sama kernetnya untuk turun terminal jajag. Setibanya di terminal jajak, kalian bisa sewa mobil atau motor dan langsung arahkan maps seperti alternatif nomor 1 ya :)

3. Kereta api
Nah ini nih buat probowangi lovers paling efektif sepertinya turun di stasiun kalisetail yang ada di Genteng kan ya. Dari situ langkahnya sewa mobil, motor atau sewa pacar eh jemput pacar maksudnya untuk dianter ke Green Bay hahahaha. Rutenya samakan aja seperti diatas, atau yang penting ngikutin maps di atas :)

4. Travel agent
Buat yang agent lovers, tinggal duduk manis sampai tujuan :)

Nah itu tadi ya 4 alternatifnya, tapi jangan salah paham dulu. Dari turun mobil atau motor nggak bisa langsung main nyebur di pantai teluk hijau looooo. Tidak semudah itu ferguso......

Bukit dengan pemandangan birunya laut
Spot foto di atas bukit saat jalan kaki menuju pantai teluk hijau
Ada 2 akses jalur untuk menuju pantai teluk hijau (green bay). Seperti yang sudah mimin singgung di atas, kalian bisa menggunakan jalur darat atau laut.

a. Jalur darat
Nah dari pantai rajagwesi kalian bisa parkir kendaraannya dan jalan kaki ke puncak bukit dan turun menyusuri bukit hingga sampai ke pantai teluk hijau. Perjalan menggunakan kaki tersebut memakan waktu sekitar 50 menit. Namun ada diskon nih buat kalian yang start jalannya cuma dari bukit. Mamang ojek 10ribuan siap mengantar kalian dari parkiran ke bukit lo...

Perjalanan darat melewati hutan menuju green bay Banyuwangi
Lewati hutan yang rindang saat perjalanan darat ke green bay
b. Jalur laut
Buat kalian yang ogah jalan kaki alias pingin nikmatin suasana syahdu terombang ambing di lautan (alasan) selama 15 menit, siapkan duwit kalian Rp 25.000/orang untuk sewa perahu dari pantai rajagwesi ke pantai teluk hijau sekali jalai. Gak ada diskon min kayak jalur darat ? Tenang, mamang perahu juga nyediain pakek hemat Rp 35.000/orang. Kalau yang tadi sekali jalan, kalau yang ini 2 kali jalan alias Pergi - Pulang. Mayan kan 10ribu buat beli es degan. Tapi dengan catatan gelombang air lautnya bagus ya, alias tenang. kalau nggak ya silahkan jalan kaki hahahaha

Baca Juga : Jangan Lupa Mampir ke Pantai Pulau Merah Banyuwangi

Kalau mimin sih saranin untuk ambil jalan darat saja, selain pemandangan selama perjalan kaki cukup indah, itung - itung olahraga lah bakar lemak jahat kalian. Pengalaman menuju pantai teluk hijau tidak akan kalian lupakan. Selama perjalanan menuju pantai teluk hijau, berbagai pemandangan yang indah bisa kalian nikmati (banyak lalu lalang cewek lokal maupun interlokal cuy) dan juga melewati beberapa aliran sungai serta deburan ombak. Suaranya membuat kalian ingin segera tiba di pantai teluk hijau (green bay) Banyuwangi.

Pantai batu, 300 metter sebelum pantai teluk hijau
Cewek - cewek dari Surabaya ngajakin poto di plakat pantai batu

Oh ya, sebelum pantai teluk hijau, kalian akan melewati pantai batu. Kalau sudah sampai di pantai batu, itu artinya perjalanan kalian sudah tidak akan lama lagi sampai ke pantai teluk hijau, mungkin sekitar 10 menitan lagi lah.

Tiket Masuk dan Parkir Pantai Teluk Hijau (Green Bay)

Tarif masuk kawasan wisata pantai teluk hijau di meru betiri
Tarif masuk ke kawasan meru betiri (di dalamnya ada pantai teluk hijau)

Karena pantai teluk hijau masih termasuk ke dalam kawasan Taman Nasion Meru Betiri, kalian akan dimintai uang partisipasi (bahasa kerennya) sebesar Rp 5.000, beda lagi kalau kalian bukan orang Indonesia ya. Dan biaya masuk kendaraan Rp 5.000 untuk sepeda motor, Rp 10.000 untuk mobil. Ingat itu hanya biaya masuk, di sana akan ada kang parkir 2000an untuk motor, jadi jangan marah - marah kalau dimintain lagi kayak temen - temen mimin dulu hahahaha
Tarif masuk meru betiri (pantai teluk hijau dkk) naik
Untuk tanggal merah, tarif masuk per orangnya mengalami kenaikan
Okeh, segini dulu ya sharing mimin tentang travelling ke pantai teluk hijau (green bay) Banyuwangi. Kalau ada saran, masukan silahkan saja nanti akan mimin update lagi. See you ya :)

No comments:

Powered by Blogger.