Header Ads

YCT Newsline
recent

Travelling Murah Ke Bali ? Naik Kereta Aja !!!

Yuk Cinta Travelling - Bali merupakan salah satu destinasi wisata favorit yang ada di Indonesia. Mulai dari turis lokal sampai mancanegara, Bali tak pernah sepi pengunjung. Lantas kapan sobat YCT mau travelling ke Bali ?

Saat ini sangat gampang kalau kalian punya hobi travelling, mau ke mana saja tinggal pesan tiket pesawat, terbang nyampek deh.... Di luar harga tiket pesawat yang cukup melambung tinggi, banyak moda transportasi yang bisa sobat YCT gunakan, salah satunya kereta api. Mau tau gimana seru dan murahnya travelling naik kereta api ke Bali ? 

Untuk travelling ke Bali selain dengan pesawat, kalian bisa menggunakan moda transportasi darat dan laut. Untuk cerita mimin kali ini spesial menggunakan kereta api ya......
Langkah pertama yang kalian perlu perhatikan adalah jadwal keberangkatan dan booking tiket kereta. Fyi aja, kereta api sekarang ini menjadi primadona bagi kalangan traveller. Apalagi kereta dengan tiket murah, dijamin gak susah dapetinnya kalau gak pesen dari jauh hari.

Untuk kalian yang domisili di Jakarta, kereta paling murah adalah Gaya Baru Malam Selatan dengan harga tiket Rp 104.000 (Stasiung Pasar Senen - Stasiun Gubeng Surabaya). Kerata api kelas ekonomi ini akan berangkat dari Stasiun Pasar Senen Jakarta pada pukul 10.15 WIB dan akan tiba di Stasiun Gubeng Surabaya pukul 01.35 WIB esok hari. Reservasi tiket kereta bisa menggunakan app dari Traveloka atau Kereta Api Indonesia.

Naik kereta api untuk travelling murah ke Bali
Jadwal Keberangkatan dan Harga Tiket Kerata Gaya Baru Malam Selatan
Kereta lanjutan yang harus kalian beli adalah kereta Probowangi dengan harga tiket Rp 56.000 (Stasiun Gubeng Surabaya - Stasiun Banyuwangi Baru). Kereta lanjutan ini akan mengantarkan kalian ke stasiun akhir di Banyuwangi. Berangkat pukul 04.25 WIB dan akan tiba pukul 11.40 WIB.

Murah meriah naik kereta ke Bali
Jadwal Keberangkatan dan Harga Tiket Kerata Probowangi
Setibanya di pemberhentian kereta terakhir yaitu stasiun Banyuwangi Baru, langkah selanjutnya adalah menuju pelabuhan Ketapang. Untuk menuju ke pelabuhan Ketapang kalian tak perlu naik ojek atau angkutan umum, cukup jalan kaki saja. Jarak dari stasiun Banyuwangi Baru ke pelabuhan Ketapang kurang lebih 350 meter, gak jauh kan ? hahahaha

Pelabuhan ketapang, pintu gerbang menuju pulau dewata
Arah Menuju Pelabuhan Ketapang dari Stasiun Banyuwangi Baru
Langkah selanjutnya setibanya di pelabuhan Ketabang adalah istirahat. Lohhhhh ??? hahahahaha
Emang gak capek apa, istirahat dulu lah santae, nge es teh sambil ngudutt dulu.... Baru kalau udah capeknya ilang lanjut beli tiket kapal penyeberangan ke pelabuhan Gilimanuk. Cukup dengan Rp 6.500 kalian sudah sampai di Pulau Bali :)

Fyi, untuk membeli tiket kapal penyeberangan, kalian wajib mengisi form terlebih dahulu, kalau sudah diisi lengkap langsung menuju loket pembayaran, tunjukan form yang telah diisi + ktp dan membayar seharga tiket dengan e-money, tidak bisa cash ya. Dan e-moneynya hanya bisa menggunakan Brizzi (E-money keluaran BRI). Tapi tenang saja, bagi kalian yang ngga punya jangan panik terus pulang lagi ya hahahha, sayang kan udah jauh - jauh sampai Bali. Di seberang loket pembayaran terdapat warung yang menyewakan e-money dengan harga sewa Rp 3.500. Jadi untuk membayar tiket penyeberangan Rp 10.000 kalau kalian tidak memiliki e-money keluaran BRI :)

Setelah terombang ambing di selat bali selama 1 jam, kalian akan tiba di pelabuhan Gilimanuk dan tujuan selanjutnya cari bis di terminal Gilimanuk. Langsung berjalanlah ke arah tulisan keluar pelabuhan. Letak terminalnya pas di seberang pelabuhan Gilimanuk. 

Nah ini yang ngeri kalau cari bis di terminal Gilimanuk. Saat jalan dari pelabuhan ke terminal kalian akan berubah menjadi artis, akan ada banyak orang yang mengerubungi (sebut saja calo). Siapkan kata - kata halus untuk menolaknya, tapi biasa kalian bakalan diikuti terus hahahaha
Kalau kalian lolos dan sampai terminal, cari bus yang sudah terisi hampir penuh (biasanya yang kosong lama banget ngetemnya), tanya tujuannya kemana ke ubung tidak? Jika ya, tanya harganya berapa dan lanjut naik. Biasanya kalau tidak tanyak dulu akan kena harga pukul Rp 50.000 - Rp 70.000, tapi kalau tanya dulu dan beruntung bisa dapat harga Rp 40.000


Perjalaan bus dari terminal Gilimanuk ke terminal Ubung kurang lebih 4 sampai 5 jam, tergantung kondisi kemacetan jalan. Setibanya di terminal Ubung, kalian nggak usah kwatir lagi. Banyak sekali ojol yang siap mengantar kemanapun tujuannya :)

Oke sekian ya cerita dari mimin, next disambung lagi ........ happy travelling buat kalian Sobat YCT



No comments:

Powered by Blogger.