Header Ads

YCT Newsline
recent

Kuliner Makanan Khas Jogja Enak dan Murah, Dijamin Bikin Nagih

Yuk Cinta Travelling - Hellow sobat YCT yang berbahagia dimanapun kalian berada. Mimin kembali menyapa untuk ngasih tahu yang enak - enak nih. Buat kalian sobat Cinta Travelling yang hobinya kuliner an, harap menyimak ya hahahaha......

Jogja, siapa sih yang tahu jogja, kota yang katanya istimewa dan ngangenin itu? selain lokasi wisata alam dan budaya yang banyak sekali, Jogja juga kaya akan wisata kuliner nya looooo !!!

Kuliner Jogja tidak hanya khas dengan gudeg nya, namun masih banyak kuliner makanan Jogja lainnya. Yuk simak kuliner khas Jogja berikut ini.

1. Gudeg Yu Djum

Siapa sih yang tak kenal dengan kuliner favorit di Jogja dengan cita rasa manis ini? Jenis gudeg Jogja sangat beragam. Namun salah satu yang populer adalah Gudeg Yu Djum. Selain porsinya banyak, rasa gudegnya pun tak perlu ditanyakan lagi. Selain bisa makan di tempat, kamu juga bisa membeli gudeg kalengan untuk dibuat oleh - oleh.

Kuliner Jogja
Gudeg Yu Djum, Kuliner Khas Jogja Favorit by instagram
Jika sobat Yuk Cinta Travelling ingin menjajal kuliner Jogja satu ini, nggak perlu bingung dimana lokasinya. Tinggal ketik Gudeg Yu Djum di app googlemaps ketemu deh.

2. Sate Klathak Pak Bari

Kuliner Jogja
Kuliner Jogja, Sate Klathak Pak Bari by Instagram
Kuliner Jogja selanjutnya adalah sate klathak. Di Jogja juga sangat banyak lokasi wisata kuliner yang menjual sate klathak. Namun kalau kuliner sate klathak ya harus ke sate klathak Pak Bari dong tentunya. Berbeda dari sate biasanya, hidangan yang berasal dari Bantul ini memiliki cara memasak yang unik. Bukan bambu, daging ditusuk dengan besi sehingga bagian dalamnya ikut terpanggang rata. Kuliner yang memiliki ukuran tiga kali lebih besar dari sate lainnya ini juga pernah dijadikan  scene film Ada Apa Dengan Cinta lo.... So, yuk dicoba kuliner Jogja sate klathak Pak Bari :)

3. Mangut Lele Mbah Marto

Kuliner Jogja
Kuliner Khas Jogja, Mangut Lele Mbah Marto by Instagram
Kuliner Jogja yang ketiga nih berhubungan dengan ikan yang ada kumisnya hahahaha. Mangut lele mbah marto, yooiiii.... kuliner Jogja satu ini menyajikan makanan khas yang berasal dari ikan lele. Kuliner enak ini bisa kamu temukan di daerah belakang ISI Yogyakarta, tepatnya Ngireng-ireng, Sewon, Panggungharjo, Bantul. Seporsi mangut berisi nasi, sambal goreng krecek, serta lele yang diberi bumbu mangut. Kuliner enak ini tak lepas dari cara masaknya yang menggunakan tungku. Emang yang traditional itu juaranya buat kuliner Jogja.

4. Oseng Mercon Bu Narti

Kuliner Jogja
Oseng Mercon Bu Narti by Instagram
Buat kalian pecinta kuliner pedas, jangan khawatir. Oseng mercon di warung Bu Narti bisa dicoba. Kuliner Jogja satu ini merupakan makanan yang dibuat dari bahan tetelan daging sapi, kikil, gajih, kulit dan tulang yang ditumis. Bedanya dengan yang lain, oseng mercon ini dimasak dengan cabe rawit dalam jumlah banyak. Ketika mencoba, kamu bakalan merasakan sensasinya lidah terbakar saking pedasnya. Tuh sobat Yuk Cinta Travelling, hajarrrrrr tuh kuliner Jogja oseng mercon Bu Narti.

Baca Juga : Travelling Murah dan Asyik di Lombok

5. Tongseng Emprit

Kuliner Jogja
Tongseng Emprit by Instagram
Emprit merupakan jenis burung yang dianggap sebagai hama oleh petani. Namun, burung ini malah dijadikan sebagai kuliner khas di Bantul. Selain dipanggang, ternyata emprit juga bisa diolah menjadi tongseng. Setelah disembelih dan dibersihkan bulunya, burung ini direbus hingga empuk, baru kemudian diberi bumbu rempah dan dijadikan tongseng. Selain rasanya yang gurih, konon makanan ini berkhasiat menyembuhkan beberapa penyakit.

6. Tongseng Codot

Kuliner Jogja
Tongseng Codot by Instagram
Kalau tado tongseng emprit, kuliner Jogja yang keenam lebih spesial yaitu tongseng codot. Bukan hanya emprit, ternyata codot atau kelelawar juga menjadi makanan khas Bantul. Selain digoreng garing dan dimakan dengan sambal, codot diolah menjadi tongseng. Salah satu warung makan yang menyajikan menu ekstrem ini ada di Glondong, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul. Pemiliknya yang bernama Dani sudah bertahun-tahun menawarkan hidangan ini. Mau coba?

7. Mie Lethek Mbah Mendes

Kuliner Jogja
Kuliner Mie Lethek Mbah Mendes, Jogja by Instagram
Kuliner Jogja satu ini berasal dari kata lethek atau letek yang berarti kotor. Namun nama itu disematkan bukan karena mie-nya kotor, melainkan warnanya yang hitam pekat. Variannya beragam, ada yang rebus, goreng, serta dicampur dengan nasi goreng. Aroma olahan bumbu menyeruak begitu bawang putih, kemiri, merica, dan garam mulai ditumis. Masakan makin lezat dengan tambahan suwir daging ayam jago kampung. Salah satu warung mie lethek yang cukup populer ada di Jalan Margo Utomo No.22, Gowongan, Jetis. Namanya, Mie Lethek Mbah Mendes.

8. Rujak Es Pak Nardi

Kuliner Jogja
Rujak Es Krim Pak Nardi by Instagram
Setelah camilan, waktunya mencobanya minuman enak dan menyegarkan. Salah satunya rujak es krim Pak Nardi di kawasan Pakualaman, lebih tepatnya berada di sisi barat tembok luar Pura Pakualaman Yogyakarta. Kuliner ini unik karena merupakan perpaduan antara es, buah, serta bumbu rujak. Rasanya pedas, asam, asin, manis, dan gurih yang bikin ketagihan. Tentunya, rujak es krim ini jarang ditemukan di kota lain.

9. Serabi Kocor Bu Ngadinem

Serabi Kocor Bu Ngadimen by Instagram
Jika Solo punya Serabi Notosuman, lain halnya dengan Jogja. Camilan enak yang ramai diburu pembeli ini adalah Serabi Kocor Bu Ngadinem yang terletak di Jalan Bantul Km. 6, Dusun Nyemengan, Desa Tirtonirmolo, Kecamatan Kasihan. Warung jajanan ini sederhana, tapi jajanan yang ditawarkan istimewa. Apalagi kucuran gula merah serta susu kental. Menariknya lagi, serabi ini dimasak sederhana di atas anglo dengan kayu bakar sebagai bahan bakarnya.

10. Camilan Geblek di Kulon Progo

Kuliner Jogja
Camilan Geblek Kulon Progo by Instagram
Camilan tradisional Jogja memang banyak, termasuk geblek. Makanan ini terbuat dari tepung tapioka dan bumbu bawang yang digoreng. Warnanya putih bersih dan sangat populer di Kulon Progo. Biasanya, jajanan ini disajikan bersama dengan kopi hangat. Nah, kamu yang penasaran dengan rasanya, mampir saja ke pasar-pasar tradisional di Kulon Progo. Sekalian juga berlibur ke Kalibiru dan objek wisata keren lainnya.

11. Kopi Klotok Pakem

Kuliner Jogja
Kuliner Kopi Klotok Jogja by Instagram
Tak perlu ke kafe kece untuk dapat menikmati kopi enak. Mampir saja ke Warung Kopi Klotok yang berada di Jalan Kaliurang KM.16, Pakembinangun, Pakem. Hidangan minuman di sini dibuat dari kopi khas Jogja. Rasanya nikmat apalagi ditemani pemandangan sawah yang hijau. Selain itu, kamu juga bisa menikmati beragam menu tradisional seperti lodeh tempe lombok ijo, lodeh kluweh, lodeh terong dan sayur.

Baca Juga : Travelling ke Singapura ? Siapa Takut !

12. Kopi Joss Angkringan Lik Man

Kuliner Jogja terakhir yang ingin mimin share adalah kopi jos. Kalau kaliarn travelling ke Yogyakarta sempatkan juga nongkrong di angkringan, menyantap sego kucing dan aneka gorengan sembari menikmati suasana Malioboro di malam hari. Salah satu yang banyak dikenal sebagai pelopor angkringan di kota ini adalah angkringan Lik Man. Menu yang menjadi andalan di sini adalah kopi jos, yaitu seduhan kopi yang dicelupi arang selagi membara. Datang saja di Jalan Wongsodirjan untuk menikmatinya. 

Kuliner Jogja
Kopi Jos Angkringan Lik Man by Instagram
Oke sobat Yuk Cinta Travelling, itulah 12 kuliner khas Jogja yang bisa mimin bagi buat kalian. Silahkan kalau kalian pas travelling ke Jogja bisa dijadikan referensi :)

Have a nice holiday Sobat Yuk Cinta Travelling....... !!!!


No comments:

Powered by Blogger.