Header Ads

YCT Newsline
recent

Perjalanan Darat Singapore - Malaysia, Murah Gan !!! (Part 1)

Yuk Cinta Travelling - Berawal dari tiket promo yang mimin dapat dari salah satu maskapai sebut saja AirAsia, akhirnya mimin coba travelling ke Singapore dan Malaysia untuk yang kesekian kalinya. Eits tapi bukan cerita tiket promonya AirAsia yang ingin mimin share ya.......

Travelling mimin kali ini, merupakan rangkaian perjalanan darat, dimulai dari Singapore lanjut ke Kuala Lumpur, lalu berakhir di Melaka. Harusnya sih Kuala Lumpurnya sebagai titik akhir, tapi terlanjur dapat bujuk rayu setan item (temen mimin) akhirnya mimin penuhin lah kemauan doi.

Baca Juga : Travelling Murah ke Singapore (Part 1)

Fokus ke judul postingan mimin ya......

Berawal dari dompet yang isinya pas - pasan, puter otak gimana ya caranya bisa nyebrang dari Singapore ke Malaysia dengan murah. Dan akhirnya naik bus lah solusi yang paling masuk akal untuk perjalanan darat ke Malaysia dari Singapore.

Terminal Queen Stree

Oke, titik pertama untuk mengawali perjalanan darat dari Singapore ke Malaysia adalah Terminal Quin Street. Kalau sobat Yuk Cinta Travel nginep di hotel area Kampong Glam atau Arab Street, lokasi terminal Queen Street nggak begitu jauh kok. Jalan kaki dari Masjid Sultan kurang lebih 10 - 15 menit saja.


Kalau kalian mencari di aplikasi googlemaps, sebaiknya cari singapore-johor express terminal. Sebenarnya singapore-johor express adalah nama perusahaan armada bus SJE. Orang - orang sana sudah familiar kok dengan nama terminal queen street, jadi gak usah khawatir tersesat. Tanya saja orang sana kalau kalian tidak punya paket data untuk akses googlemaps hahahaha....

Antrian penumpang di terminal bus queen street menuju terminal larkin
Antrian Penumpang Bus Perjalanan Darat dari Teriminal Queen Street by BackpackingMalaysia

Singapore - Johor Bahru by Bus 

Naik bus dari Singapore ada beberapa alternatif, bisa perjalanan langsung Singapore - Kuala Lumpur atau Singapore - Johor Bahru baru dilanjut Johor Bahru - Kuala Lumpur. Kalau kalian tipe orang traveller yang nggak suka ribet mending pilih perjalanan langsung, tapi kalau kalian tipe traveller yang hemat budget kayak mimin ya pilih yang oper dulu di Johor Bahru :)

Oke kita bahas yang hemat budget ya hahahaha.....

Bus dari terminal Queen Street akan memiliki tujuan akhir di terminal Larkin yang ada di Johor Bahru. Ada 3 armada yang siap mengantar kalian yaitu SBS 170, Causeway Link CW 2, dan Singapore Johor Bahru Express (SJE).

Sebetulnya bebas sih kalian mau milih yang mana, tapi saran mimin pilih naik yang Causeway Link CW 2. Mengapa ? Armada CW lebih banyak dibanding 2 armada lainnya, jadi kalian tidak perlu nunggu terlalu lama saat keluar imigrasi Malaysia yang ada di JB Sentral nanti.

Karena ketidak tahuan mimin, akhirnya naiklah bis yang berangkat duluan yaitu JBE. Tiket bus bisa dibeli on the spot dengan membayar cash atau dengan menempel kartu EZ-Link. Untuk harga tiket busnya SGD 3,3 lumayan murah lah ya daripada yang bis langsungan ke Kuala Lumpur.

Tiket bus untuk perjalanan darat dari terminal queen street ke terminal larkin di johor bahru
SGD 3.3 Tiket JBE Perjalanan Darat Queen Street ke Larkin by Dokumentasi Pribadi
Sebelum menuju pemberhentian akhir terminal Larkin, perjalanan bus akan transit di 2 lokasi pemberhentian. Pemberhentian ke-1 adalah imigrasi keluar Singapore di Woodland Checkpoint dan pemberhentian ke-2 adalah imigrasi masuk Malaysia di Johor Bahru.

Dari terminal Larkin menuju Woodland Checkpoint memakan waktu perjalanan sekitar 45 menit. Perjalanan nggak akan kerasa lama karena selain armda bus nya yang lumayan bagus, pemandangan jalanan Singapore yang indah akan menyihir mata kalian :)
Setibanya di Woodland Checkpoint, kalian akan diminta turun dari bus buat checkpoint / cap stempel keluar imigrasi Singapore. Sobat YCT nggak usah bingung, cukup ikutin aja tuh  orang - orang yang berlarian kayak dikejar setan hahahaha. 

Jangan lupa barang bawaan dibawa turun semua !!!!
Meskipun nanti akan naik bis yang sama (formalnya), namun tidak menutup kemungkinan kalian akan ketinggalan bus dan harus naik bus yang lainnya. Ingat ya, barang bawaan dibawa turun lo yaaa......
 
Proses keluar imigrasi tidak akan lama kok, kecuali kalau kalian jalan santai kesalip sama yang lari - larian tadi, ya wasalam dapat antrean yang panjang tuh hahahaha....

Pembagian jalur penumpang di woodland checkpoint
Pembagian Jalur Penumpang di Imigrasi Woodland Checkpoint by google
Keluar dari imigrasi Woodland Checkpoint kalian jalan sesuai petunjuk penjembutan bus untuk armada JBE. Tenang, semua jelas kok ada marka dan papan petunjuknya. Naik bus yang sama dan nggak perlu bayar lagi buat nyeberang jembatan Johor Causeway ke arah pemberhentian yang ke-2 yaitu imigrasi Malaysia di Johor Bahru. 

Sampai di ujung jembatan kalian akan diminta turun lagi dari bus, lalu masuk ke arah imigrasi Malaysia. Kali ini ruangan imigrasinya cukup luas, semacam hall gede gitu. Setelah beres urusan stempel masuk imigrasi Malaysia kalian langsung aja turun ke tempat antrian bus yang akan membawa ke terminal Larkin. 

Ini nih yang mimin sarankan untuk naik aja armada CW. Mulai dari sini kalian akan menunggu cukup lama. Karena udah nggak tahan lagi, akhirnya mimin naik armada lain (bukan JBE) untuk menuju terminal Larkin. Dengan harga tiket RM 1,5 mimin pun menuju terminal Larkin dengan menggunakan armada CW.

Tiket CW dari Imigrasi Johor Bahru ke Terminal Larkin by Dokumentasi Pribadi
Setelah perjalanan yang cukup panjang, mimin pun sampai di terminal Larkin dengan total lama perjalanan sekitar 2 jam dari terminal Terimanal Queen Street.

Trip
Singapore - Johor Bahru by Bus from Queen Street

Ticket Price
SGD 3.3 (updated). Pick any of these buses:
1. SBS No. 170 operated by Singapore
2. Causeway Link no. CW2 by Handal Indah, Malaysia
3. Singapore Johor Bahru Express (SJE) by Malaysia

Operation Time
Start From 5.30 to 23.30






No comments:

Powered by Blogger.