Header Ads

YCT Newsline
recent

Pengalaman Wisata Religi ke Masjid Terapung Selat Melaka, Syahdu Gaes !!!

Yuk Cinta Travelling - Tatkala cahaya jingga mulai menampakkan keistimewaannya, seketika itu sang jiwa mulai memberontak, memerintahkan raga untuk segera beranjak menghadap Pencipta alam semesta.


Ramadhan 1439, saat itu mimin dan seorang teman dari kampung, travelling ke negara Malaysia. Wisata religi, temen mimin mengatakan demikian, meskipun mimin yakin puasa dia saat itu nggak akan pernah kusyuk hahahaha.

Indahnya masjid apung selat melaka, malaysia
Gemerlapnya Masjid Apung Selat Melaka by Yee Theen Gee
Dengan bermodalkan tiket promo pesawat dan perjalan darat dari Kuala Lumpur, kamipun menginjakkan kaki di Melaka, kota yang ditasbihkan sebagai UNESCO World Heritage City. Karena tema travelling saat itu adalah wisata religi, salah satu tujuan utama kami adalah merasakan lembaran sajadah masjid di tempat - tempat wisata yang dikunjungi. Mencicipi sajian buka puasa gratis tentu sudah termasuk dalam paket wisata religi kali kami (hemat budget bos).

Masjid yang dibangun di selat terpanjang dunia
Masjid di Selat Terpanjang Dunia by Google
Melaka Strait Mosque atau Masjid Selat Melaka merupakan tujuan wisata religi pertama di Melaka. Masjid dengan arsitektur perpaduan antara Timur Tengah dan Melayu modern itu, berdiri gagah menghadap selat terpanjang di dunia. Selain digunakan sebagai tempat ibadah dan wisata religi, masjid yang diresmikan pada tahun 2006 itu juga berfungsi sebagai penanda navigasi laut dengan menara setinggi 30 meter sebagai mercusuarnya.

Traveller asyik foto di depan masjid selat melaka
Wisatawan Timor Leste yang Sedang Pose Ganteng di Depan Masjid Selat Melaka by Dokumentasi Pribadi
Masjid Selat Melaka dibangun di lahan seluas 1,8 hektar pada tahun 2003. Masjid yang diresmikan pada 24 November 2006 oleh Tuanku Syed Sirajuddin Ibni Al-Marhum Tuanku Syed Putra Jamalullail mampu menampung sekitar 2000 jamaah.

Interior Ruang Utama Masjid Selat Melaka by Dokumentasi Pribadi
Lokasi Masjid Selat Melaka berada di jalan Baiduri 8, Melaka. Akses ke Masjid ini memang belum ada untuk moda transportasi umum seperti kereta maupun bus. Jika kalian sobat pecinta travelling berencana untuk wisata religi ke Masjid Selat Melaka ini, saran mimin untuk install terlebih dahulu apps grab karena jatuhnya akan lebih murah daripadi kalian naik taxi.




Sedikit tips dari mimin kalau mau mengunjungi Masjid ini :
1. Usahakan waktu kesana sore (ba'da ashar) menikmati sunset dan sholat maghrib berjamaah merupakan moment yang sangat syahdu :)
2. Pastikan untuk install app grab (atau ojol lain) karena akses menuju ke lokasi tidak dijangkau oleh transportasi umum
3. Meskipun takmir masjid menyediakan jubah dan kerudung, lebih baik kalian mempersiapkan diri dengan pakaian yang sopan (menutup aurot)
4. Siapkan kamera kalian untuk mengabadikan moment syahdu di sana :)


Udahan ya, kalau penasaran dan sharing dari mimin kurang oke mending langsung saja kalian coba wisata religi ke sana :)

Nantikan update info travelling mimin lagi ya Sobat YCT, byeeeeee .........



No comments:

Powered by Blogger.