Header Ads

YCT Newsline
recent
Yuk Cinta Travelling - Pulau Sumba merupakan salah satu pulau yang termasuk ke dalam wilayah provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Sumba memiliki keindahan alam dan kekayaan budaya yang menjadikannya sebagai tujuan wisata domestik favorit saat ini. 

Salah satu lokasi ikonik di pulau sumba
Bukit Wairinding, Waingapu Sumba

Mulai dari pantai walakiri dengan pesona sunsetnya kemudian ada Savana Puru Kambera, Bukit Wairinding, dan Bukit Tenau yang merupakan tiga dari banyak sekali panorama khas padang rumput Pulau Sumba. Tentu masih banyak lagi tempat - tempat indah yang perlu jamahan di pulau Sumba.

Kali ini YCT mencoba untuk berbagi sedikit pengalaman travelling dari Jakarta menuju Sumba via darat. Info yang YCT share kali ini hanya fokus pada jumlah biaya yang dikeluarkan untuk transportasi ya :)

1. Jakarta - Banyuwangi
 
Perjalanan dr Jakarta menuju Banyuwangi menggunakan kereta. Berangkat dari PSE dengan gaya baru malam selatan, oper kereta probowangi di stasiun gubeng Surabaya dan berakhir di stasiun Banyuwangi Baru.
Gayabaru malam selatan : 104K
Probowangi : 56K

2. Banyuwangi - Denpasar (Bali)
 
Planning awal sebetulnya pengen naik ferry dan sambung bus ke mengwi/ubung. Tapi karena badan sudah capek sekali dan info terakhir mayoritas bus cuma sampai mengwi (masih sangat jauh dari denpasar), melihat sikon tersebut akhirnya diputuskan naik travel saja. Lupa nama travelnya, yang jelas travel akan menjemput dan mengantarkan ke lokasi sesuai permintaan kita. Yah meskipun tak semurah ngeteng naik ferry sambung bus tak apalah.
Travel : 140K

3. Benoa (Bali) - Labuan Bajo (Flores)

Kapal dari bali ke labuan bajo
KMP Binaiya, salah satu moda transportasi PELNI
 
Sebetulnya untuk menuju pulau Sumba (pelabuhan Waingapu - Sumba Timur), ada kapal pelni yang berangkat langsung dari pelabuhan Benoa. Namun karena jadwal keberangkatan yang masih cukup lama, akhirnya kami memilih untuk transit dahulu di pulau Flores menggunakan kapal pelni KM Binaiya. Kapal tersebut berangkat dari pelabuhan Benoa pukul 9 pagi waktu Bali dan tiba di Labuan Bajo (Flores) pukul 12.30 keesokan harinya.
KM Binaiya 230.5K 
 
4. Labuan Bajo (Manggarai Barat) - Aimere (Ngada)

travelling Labuan bajo ke aimere
Gunung Mas, salah satu travel yang cukup besar di Flores
 
Untuk dapat menyeberang ke Sumba dengan kapal ferry dari pulau Flores sebetulnya ada beberapa alternatif pelabuhan. Namun yang paling memungkinkan adalah dari pelabuhan Aimere yang ada di kabupaten Ngada. Untuk menuju ke Aimere, saya menggunakan travel gunung mas. Ada transportasi yang kata warga setempat yang lebih murah yaitu otokol. Namun sekali lagi, kondisi fisik menolak saran warga tersebut (info tentang otokol bisa di googling ya teman2, maaf).
Travel 200K

5. Aimere (Flores) - Waingapu (Sumba)

Tiket ferry dari pelabuhan aimere (flores) ke waingapu (sumba)
Tiket kapal ferry dari pelabuahan Aimere - Waingapu (Sumba)
 
Untuk jadwal kapal menuju pelabuhan Waingapu dari pelabuhan Aimera seminggu 2x (selasa dan Jumat). Selama gelombang air laut masih aman, kapal ferry akan berangkat pukul 08.00 waktu setempat.
KMP Inerie II : 81K

Untuk total biaya transportasi : 821.5K

Mungkin nominal tersebut gak worth it buat kalian yang tujuannya hanya ke pulau Sumba. Namun buat temen2 yang mau explore Bali dan Labuan Bajo dulu, mungkin akan sedikit membantu pundi2 keuangan kalian.

Note : kalau tujuan cuma ke Sumba dan mau atur jadwal travelling sesuai dengan jadwal kapal pelni yang berangkat ke Sumba dari Surabaya, biaya akan bisa dihemat lagi menjadi +/- 490K.

Untuk lebih detail tentang lokasi wisata yang wajib dijamah di Sumba, bagaimana transportasinya, terus berapa budget yang perlu disiapkan, tunggu updatan selanjutnya ya. See u sobat Travelling !!!



No comments:

Powered by Blogger.